DERETAN NAMA GUBERNUR JAWA BARAT

DERETAN NAMA GUBERNUR JAWA BARAT – Seperti kalian sudah tak asing lagi dengan nama gubernur kita yang ada di jawa barat,ini daftar gubernur dari masa ke masa Indonesia.

Sudah berapa kali pemimpin di Jawa Barat berganti? Simak ulasan tentang daftar nama Gubernur di Jawa Barat dari masa pemerintahan Mas Sutardjo Kertohadikusumo hingga Ridwan Kamil.Tahukah Anda sejak pertama kali Provinsi Jawa Barat berdiri, setidaknya telah 15 kali berganti kepemimpinan hingga saat ini. Gubernur Jawa Barat yang saat ini sedang menjabat adalah Ridwan Kamil. Suami Atalia Praratya itu akan memimpin Jawa Barat hingga 2023.Berikut ini adalah 15 tokoh yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak Provinsi Jawa Barat berdiri pada 19 Agustus 1945 hingga yang kini.

-Mas Sutardjo Kertohadikusumo

Provinsi Jawa Barat pertama kali dipimpin oleh Mas Sutardjo Kertohadikusumo. Gubernur Jawa Barat pertama ini berasal dari Jawa Tengah dan lahir pada tahun 1892, di usia 84 tahun beliau wafat tepatnya pada tahun 1976.Sutardjo Kertohadikusumo memang tidak lama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dan menjabat saat Provinsi Jawa Barat dinyatakan sebagai bagian dari Republik Indonesia pada 19 Agustus 1945. Kemudian, lengser dari jabatannya pada Desember 1945.Gubernur Jawa Barat asal Jawa Tengah itu merupakan bagian dari Partai Indonesia Raya atau Parindra. Partai bersejarah yang didirikan oleh Budi Utomo.

BACA JUGA :Daftar Juara Umum Tenis Papua

-Mohammad Datuk Djamin

Mohammad Datuk Djamin merupakan Gubernur kedua Jawa Barat yang meneruskan perjuangan Mas Sutardjo Kertohadikusumo dan masyarakat Jawa Barat.Kurang dari setahun Mohammad Djamin menjabat sebagai Gubernur Jabar, yakni dari Desember 1945 hingga Juni 1946.Mohammad Djamin lahir pada 1903 dan wafat pada 1957. Berbeda dengan Mas Sutardjo Kertohadikusumo, Mohammad Djamin merupakan Gubernur Jabar pertama yang tak berpartai.

-Murdjani

Setelah masa kepemimpinan Mohammad Datuk Djamin, Jawa Barat kemudian dipimpin Murdjani.Gubernur Jawa Barat ketiga ini juga berasal dari Parindra sama seperti Mas Sutardjo Kertohadikusumo.Murdjani menjabat sebagai Gubernur Jabar pada tahun 1946.Gubernur Jawa Barat keempat itu lahir di Cirebon dan sebelum menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, ia merupakan orang terdekat Murdjani, Gubernur Jawa Barat ketiga.

Related posts