Gubernur Jawa tengah

Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo

daftargubenurindonesia.web.idGubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah periode kedua yang menjabat sejak 5 September 2018. Lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968; umur 50 tahun.

Ia adalah Gubernur Jawa Tengah periode pertama sejak 23 Agustus 2013 hingga 23 Agustus 2018 dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004-2009 dan 2009-2013. Selain itu, Ganjar juga menjabat sebagai Ketua Umum KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) periode 2014-2019 berdasarkan Kongres KAGAMA November 2014 di Kendari.

Baca juga : Gubernur Bali

Pendidikan

Ia menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Kutoarjo, Purworejo. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 1 Kutoarjo dan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Di SMA Bopkri 1 Yogyakarta, ia aktif dalam kegiatan kepramukaan (Dewan Ambalan). Setelah lulus sekolah menengah atas, kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.

Ketika kuliah di Universitas Gadjah Mada, kemampuan kepemimpinannya semakin terasah melalui kegiatan di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Majestic 55 (Mahasiswa Pencinta Alam Fakultas Hukum UGM). Selain itu, Ganjar Pranowo juga aktif di Gelanggang Mahasiswa UGM. Selama kuliah di UGM, ia mengaku sempat cuti kuliah selama dua semester akibat tidak memiliki biaya untuk perkuliahaan.

Karena hal ini pula, ia sempat berhutang ketika makan di Gelanggang Mahasiswa UGM.

Selain itu, ia mengaku sempat mendapat nilai C dalam kuliah P4 model 100 jam. Meski sudah mengikuti selama itu, namun ternyata masih memperoleh nilai C. Menurutnya, permasalahannya hanya karena ia bermaksud bertanya balik pada si pengajar. “Saya bingung waktu itu, lalu bertanya, mengapa kita harus melakukan nilai-nilai seperti yang bapak omongkan tapi bapak sendiri tidak seperti itu?

Karena saya pikir kita butuh keteladanan, tapi saya dimarahi karena bertanya, lalu dapat C dan harus ikut mata kuliah lanjutan,” katanya.

Selain itu, Ganjar memiliki hobi demonstrasi semasa kuliah. Ketika mendemo rektor UGM kala itu, Koesnadi Hardjasoemantri, Ganjar punya cerita menarik. Dia dan teman-temannya malah diajak ngobrol oleh sang rektor.

“Saat itu pak Koesnadi, beliau malah bilang ‘ngobrol sini, daripada demo-demo’. Jadinya kami ngobrol banyak,” ceritanya

Related posts